Friday, October 14, 2011

Rute Mudik Lebaran 2011

Iseng-iseng merangkai trek perjalanan selama mudik lebaran 2011 (Idul Fitri 1432H) yang lalu, dengan mengambil log file gpx di GPS Garmin. Tidak termasuk selama jalan-jalan di dalam kota Majalengka dan Surabaya, total perjalanan sejak berangkat dari Cikarang 26 Agustus 2011 sampai kembali lagi ke Cikarang 10 September 2011 menempuh jarak 1920km.

Awalnya trek saya upload di Endomondo, namun karena di Endomondo tidak ada pilihan "Car Driving" akhirnya saya pindahkan ke Runtastic. Hasilnya seperti gambar di bawah. Trek lebih detil bisa langsung diklik di Runtastic.


Mudik kali ini ada rute baru yang belum pernah saya lewati sebelumnya, yaitu jalur Madiun-Ponorogo-Pacitan-Wonosari-Yogyakarta. Ternyata rute baru ini menjadi jalur paling berat, terutama rute Ponorogo-Pacitan melalui jalur alternatif Slahung-Tulakan dimana jalan sempit banyak tanjakan, turunan dan tikungan tajam serta ada beberapa titik yang longsor. Tidak ada SPBU dan mini market sepanjang jalur tersebut yang berjarak sekitar 40km.

Secara keseluruhan infrasutruktur jalur mudik sudah lebih bagus dari tahun sebelumnya. Perkembangan yang paling lambat ada di jalur Purwodadi-Blora dan Cepu-Bojonegoro yang masih menyisakan jalur panjang yang rusak dan bergelombang. Mudah-mudahan tahun depan jalur-jalur yang masih jelek sudah ada perbaikan.

Cerita tempat wisata dan kuliner yang sempat dikunjungi menyusul bila ada kesempatan :)

(diditsk.blogspot.com)

No comments: