Wednesday, November 19, 2008

Makam RA Kartini di Rembang




Makam RA Kartini ini berlokasi di desa Bulu, kec Bulu, kab Rembang berada di jalur jalan antara Blora dan Rembang.

Meskipun papan nama resminya adalah makam pahlawan nasional RA Kartini, ini sebenarnya adalah komplek makam keluarga Djojo Adhiningrat, yaitu bupati Rembang dimana Kartini adalah istri kedua beliau. Kartini diangkat sebagai pahlawan dengan Keputusan Presiden Soekarno, tapi komplek makam Kartini ini diresmikan oleh ibu Tien Soeharto.

Kartini dimakamkam berdampingan dengan Sokarmilah, istri pertama Djojo Adhiningrat, diberi pagar teralis tersendiri. Djojo Adhiningrat dimakamkan di belakang kedua istrinya tersebut, di luar pagar. Kartini wafat setelah melahirkan anaknya, Soesalit. Makam Soesalit, yang sewaktu hidupnya berprofesi tentara dan pernah menjadi panglima Divisi, ada di komplek ini juga, di samping kiri pagar teralis makam ibu dan ibu tirinya.

Saat memasuki komplek makam ini kita disambut oleh seorang juru kunci yang hafal banget sejarah Kartini dan silsilah keluarga Djojo Adiningrat bahkan sampai keturunannya yang saat ini masih hidup. Kita diharuskan mengisi buku tamu di meja juru kunci di dekat pintu masuk, ada kota sumbangan juga yang bisa kita isi seikhlasnya.

Jalan masuk komplek makam ini sedang dalam renovasi, parkiran juga cukup luas, ada mushola juga, pedagang souvenir, dll. Lumayan buat pengenalan sejarah kepada anak-anak.

No comments: