Monday, June 23, 2008

Bebek Goreng Raosaji, Cikarang




Setelah selama ini serbuan bebek goreng di area Jakarta-Bekasi didominasi oleh bebek aliran Jawa Timur, akhirnya ketemu juga dengan bebek goreng aliran Solo. Lebih pas lagi munculnya justru di area perumahan tempat tinggal saya, Kota Deltamas.

Bebek Goreng, Ayam Kampung Goreng, Sambal Korek "RAOSAJI" Bukan Sekedar mBebek, begitu bunyi di spanduk yang tertempel di ruko yang dijadikan rumah makan ini, ada embel-embel "Khas Kartosuro". Ingatan langsung melayang ke bebek pak Slamet dan pak nDut langganan saya di Kartosuro, Solo. Di dalam rumah makan hanya tersedia 5 meja makan masing-masing dengan 4 kursi. Bebek dan ayam yang sudah 1/2 matang dipajang di etalase. Melayani delivery order juga, untuk area Kota Deltamas.

Meski baru seminggu lebih buka tapi saya sudah 2 kali menyantap bebek ini, pertama makan malam berdua istri saat awal jualan dan kedua sarapan di Sabtu pagi yang lalu lengkap dengan anak & istri dan senjata kamera. Jam 8 pagi memang sudah buka, jadi seperti bebek pak Slamet, bisa buat sarapan, meski pak Slamet di markasnya sana lebih pagi mulai sebelum jam 7.

Bebek gorengnya kering di luar namun tetap empuk di dalam, terlihat agak kurus karena gak banyak lemaknya. Dagingnya mudah sekali disuwir, gurihnya khas bebek banget, khas bebek Solo, dimana bagi saya lebih mirip bebek pak nDut dibanding bebek pak Slamet. Sambal korek juga menyerupai versi pak nDut, tidak terlalu pedas dengan minyaknya yang cukup jernih, 4 cobek masih kurang dan minta tambah lagi, padahal anak-anak relatif gak pakai sambal jadi dihabisin berdua dengan istri.

Satu porsi ati ampela datang dalam tusukan sate, lumayan juga, enak. Sayang cekernya yang gak enak, alot dan susah terlepas dari tulangnya, jauh kalau dibandingkan dengan ceker di tempat pak Slamet, yang begitu disedot dengan mulut aja bisa lepas dari tulangnya. Untuk lalapan hadir 4 jenis, kol, tomat, timun dan slada.

Istri saya sempat pesan 1 potong Ayam goreng, ketika saya coba secuil rasanya biasa saja, mungkin udah ketendang oleh rasa bebeknya. Sebenarnya ada menu tambahan lagi, tahu tempe goreng, tapi belum sempat coba. Bagi saya yang wajib dipesan di rumah makan ini memang bebeknya (kecuali ceker).

Ngobrol dengan pelayannya, ternyata bebek, ayam dan sambalnya didatangkan langsung dari Solo, pantes. Sepertinya yang datang hari ini (mungkin nyampenya sore, dijual besok paginya). Cuman pelayannya gak tahu provider bebek yang mana di Solo-nya.

Tersedia juga minuman asal Solo, beras kencur dan gula asam. Baru nyoba beras kencurnya, enak sih, cuman bagi saya terlalu manis.

Baik bebek maupun ayam dijual dengan harga yang sama, cukup mahal dibanding harga rata-rata di kota asalnya Kartosuro yang cuma 9000-an, pasti transportasinya yang bikin mahal.
Dada : 13.500
Paha : 12.500
Ati ampela : 5.000
Kepala : 6.000
Ceker (10) : 5.000
Ketika ditanya harga per ekor, sang pelayan hanya jawab "belum jual per ekor pak"

Buat penggemar bebek aliran Solo, bebek ini bisa dijadikan alternatif, biar gak usah jauh-jauh ke Solo. Yang suka mondar-mandir Jakarta-Bandung, bisa mampir sarapan atau makan siang di sini. Silakan keluar tol Cikarang Pusat (Km.37). Sepertinya sang penjual belum berani persediaan banyak, mungkin
beranggapan Kota Deltamas masih relatif sepi, namun jadinya sering udah habis setelah jam makan siang.

Bebek Goreng "RAOSAJI"
Ruko Palais de Paris A-17
Kota Deltamas, Cikarang Pusat
Telp. 0878-77837345, 021-8803393

11 comments:

Arief Budiman said...

akan saya coba semuanya, scara saya tinggal di bekasi barat, jadi gak terlalu jauh buat menyantap hewan favorit keluarga.tk infonya mas

Didit Krisdhianta said...

monggo mas, jangan lupa bagi ceritanya...kalo di bekasi barat sudah nyoba bebek mana saja, bebek ela sudah belum..?

grace - said...

wahhhh mirip pak ndut yaaaa *nyam nyam* kapan2 dimampirin ah. thanks buat infonya ya mas.

Didit Krisdhianta said...

Ayo mampir mbak Grace dan direview juga, kalo yg kasih ulasan pakar kuliner kan lebih afdol. Aku sih gak bisa review, cuman tahu enak atau tidak enak aja, itupun menurut lidah awam saya..hehe

Arief Budiman said...

wah baru denger tuh ! kira2 lokasinya dimana ya ?

Didit Krisdhianta said...

Di dekat pertigaan Pekayon, lengkapnya bisa ditengok di http://diditsk.multiply.com/photos/album/34/Bebek_Ella_Bekasi

Diana Setiadi said...

Iiiiihhhhhhh.......cekernya item-itemm.......hiiiiiii..........

Diana Setiadi said...

Postingannya kok bebek kabeh to Mas ? Pecinta bebek ya ?? hehehe.....

Didit Krisdhianta said...

Kebetulan bebek lagi ngetrend di seputar Jakarta, padahal kalo di Solo ama Surabaya udah lama banget tuh.

sisilia lutfi said...

baru tau...boleh dicoba... suami seneng banget ma bebek, saya jadi ketularan... tapi yummi sih... selamaa ini tau nya bebek yg enak di Cibubur ada Resto Bebek surabaya... TQ infonya.

Didit Krisdhianta said...

anak saya juga suka banget bebek ini, seminggu sekali kesini, maklum dekat rumah, harganya sih sudah naik..
sekarang sudah makin banyak pilihan bebek goreng enak di Jabotabek...bahkan bebek pak Slamet dari Solo juga sudah buka cabang di Jabotabek