Monday, March 31, 2008

Museum Geologi, Bandung




Museum Geologi, berlokasi dekat lapangan Gasibu, Jl Diponegoro, Bandung. Tidak dipungut beaya untuk memasuki museum ini, cukup mengisi buku tamu yang tersedia di meja resepsionis.

Museum ini terdiri 2 lantai, dimana lantai 1 terbagi menjadi 2 sayap, kanan dan kiri. Buka Senin-Kamis jam 9.00-15.00, Sabtu-Minggu jam 9.00-13.00, Jumat & hari libur nasional tutup.

Sayap kanan memuat ”Sejarah Kehidupan” sejak masa Arkeozoikum dan masa-masa sesudahnya. Dari sejarah evolusi air ke darat, evolusi dinosaurus, sampai evolusi manusia. Di sini tersimpan berbagai jenis fosil dari binatang maupun manusia purba., termasuk tiruan kerangka dinosaurus.

Sayap kiri memuat ”Geologi Indonesia”. Berbagai jenis batuan,meteorit dan mineral bisa dilihat. Ada juga pengenalan berbagai gunung berapi di Indonesia, termasuk tipe-tipe letusannya.

Lantai 2 merupakan ”Geologi untuk Kehidupan” dimana masih ditampilkan berbagai jenis batuan dan mineral dan pemanfaatannya untuk kehidupan manusia.

Secara umum kondisi museum cukup rapi dan bersih, terutama di lantai satu. Ada juga souvenir shop yang menjual berbagai jenis cindera mata museum dan buku sejarah geologi serta tentu saja snack & drink.

Museum Geologi
Jl. Diponegoro 57 Bandung
Telp. (022) 7213822

No comments: