Thursday, January 15, 2009

Setelah 2 hari hujan...

Dalam 2 hari kemarin hujan memang hampir tiada berhenti, efeknya cukup banyak. Selain positif, tentu ada juga negatifnya seperti cucian susah kering, anak-anak harus berangkat dan pulang sekolah dalam kondisi hujan, bencana juga mulai bermunculan.

Beberapa lokasi mulai terkena banjir. Penduduk mulai mengungsi, meninggalkan rumah tercinta. Mudah-mudahan tidak sampai terjadi korban jiwa dan banjirpun segera surut.

Jalan tol Cipularang km 114 sempat tertimbun tanah longsor dari bukit di sampingnya. Arus dari Jakarta ke Bandung sempat ditutup sementara dan pengguna jalan harus keluar Jatiluhur, sehingga terjadi kemacetan cukup panjang menjelang pintu tol. Kalau biasanya keluar tol Jatiluhur gak pernah antri lebih dari 2 menit, hari Selasa kemarin perlu waktu lebih dari 30 menit.

Entah karena hujannya yang deras atau memang konstruksi jalan tol yang gak bagus, di beberapa ruas jalan mulai banyak yang berlubang. Padahal sebagian baru selesai dilapis aspal baru seputar lebaran yang lalu. Sepanjang jalan yang setiap hari aku lewati dari km 37 sampai km 81, wajib ekstra hati-hati agar tidak menerjang jalan berlubang.

Yang paling memprihatinkan adalah jalan masuk menuju arah Jakarta setelah melewati gerbang tol Jatiluhur. Jalan di terowongan itu sudah lebih dari 5 kali diperbaiki dan diganti betonnya, tapi tetap saja muncul lagi lobangnya, begitu seterusnya gak ada peningkatan kualitas.

Kita hanya bisa berharap semoga Jasa Marga segera memperbaiki semua ruas tol yang rusak, tentu saja dengan kualitas yang lebih baik, jangan hanya bisa menaikkan tarifnya saja.

No comments: